DONGENG NENEK JUJUR DAN PENUNGGU DANAU



                          Dongeng Nenek Tua Dan Penunggu Danau

      Pada suatu hari hidupalah seorang nenek yang di tinggal oleh keluarganya jauh, si nenek ini bertahan hidup dengan menjual hasil kebun yang dimilikinya, Seperti singkong, pisang dan mangga.
Setiap harinya dia pergi ke pasar untuk menjual hasil kebunya, suatu pagi dia bersiap siap pergi untuk menjual hasil kebunya ke pasar, saat si nenek sedang berjalan menuju pasar melewati danau yang biasa dia lewati dia tidak sengaja menjatuhkan singkong barang daganganya ke danau.
Nenek itu pun panik karena singkong daganganya jatuh ke danau.
Saat nenek itu bingung mencari pertolongan untuk menolongnya tiba-tiba dari danau muncul sesosok wanita cantik beselendang hijau.
Si nenek pun kaget melihat wanita cantik yang muncul dari danau, lalu wanita itu bertanya kepada si nenek."Ada apa nek," tanya wanita cantik itu.
Dengan ketakutan nenek pun menjawab."Siapakah kamu wahai wanita cantik."
"Aku adalah penunggu danau ini nek, Namaku Nyi Sari."jawabnya.''
Si nenek pun kaget mendengar jawaban si wanita itu, menghiraukan rasa takutnya, tanpa fikir panjang si nenek pun meminta tolong ke wanita itu,"Boleh kah aku minta tolong wahai penunggu danau."tanya si nenek."Memangya nenek kenapa..?"jawab si nyi sari dengan penasaran."
"Aku tidak sengaja menjatuhkan singkong dagangan ku ke danau" sembari menangis si nenek meminta pertolongan ke nyi sari.
"Baiklah aku akan membantu mu mengabil singkong mu yang jatuh ke danau"jawab si nyi sari.
Akhirnya si nyi sari masuk kedalam danau untuk mengambil singkong dagangan si nenek,setelah beberapa saat si nyi sari keluar membawa singkong berlapis emas, dia pun bertanya kepada si nenek.''Apakah ini singkong yang nenek punya." tanya si nyi sari, si nenek pun menjawab ,"Maaf nyi sari itu bukan singkong millik saya"jawab si nenek,"Apakah kamu yakin ini bukan singkong milik mu nek,"tanya nyi sari penasaran kepada si nenek,"Aku yakin nyi itu bukan singkong milik saya,"tegas si nenek.
Si nyi sari pun kembali lagi ke dalam danau dan keluar membawa singkong berlapis perak,"Apakah ini singkong yang kamu cari nek.''tanya kembali si nyi sari. "Bukan nyi itu bukan singkong milik saya."jawab si nenek tua itu.
Kembali lagi lah si nyi sari kedalam danau, dan setelah beberapa saat dia muncul kembali ke permukaan dengan membawa singkong penuh tanah yang kotor sembari bertanya kepada si nenek,"Apakah ini singkong milik mu nek," tanya si nyi sari.
Nenek tua itu pun menjawab,"Benar itu nyi singkong milik saya yang jatuhh ke danau,''jawab nenek dengan senyum kebahagian."Baik lah ambil singkong ini dan juga singkong berlapis emas dan prak untuk mu."Karena kejujuranya Nyi Sari pun memberikan semua singkong yang di tawari nya tadi ke nenek tua itu.
Nyi Sari pun menghilang masuk kembali ke dalam danau tempat tinggal nya.
Dan nenek pun kembali kerumahnya dengan bahagia.

 Pelajaran dalam cerita kali ini adalah sesusah apapun kita dalam menghadapi kehidupan di dunia berusahalah bersikap jujur pada diri sendiri dan orang lain agar tenang di dunia dan

Leave a Reply